Tri Dharma Perguruan Tinggi

Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah salah satu Visi dan Misi perguruan tinggi Indonesia (kedinasan maupun bukan) yang merupakan salah satu dasar tanggung jawab mahasiswa yang harus di kembangkan secara simultan bersama-sama, serta harus disadari betul oleh agar tercipta semua mahasiswa yang sadar akan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Berikut isi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi Yakni :

1. Pendidikan Dan Pengajaran

pengertian pendidikan dan pengajaran di sini adalah dalam rangka meneruskan atau dengan kata lain dalam rangka transfer ilmu pengetahuan yang telah di kembangkan melalui penelitian oleh mahasiswa di perguruan tinggi. Dalam pendidikan di negara kita dikenal dengan istilah Strata, mulai dari Strata satu (S-1) yaitu merupaan pendidikan program  sarjana, Strata dua (S-2) yaitu merupakan program magister dan Strata tiga (S-3) yaitu pendidikan doktor dalam suatu disiplin ilmu, serta pendidikan jalur vokasional/non gelar (Diploma)

2. Penelitian Dan Pengembangan

kegiatan penelitian dan pengembangan mempunyai peranan yang sangat penting dalam rangka kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tanpa penelitian, maka pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akan terlambat. Penelitian ini tidaklah berdiri sendiri, akan tetapi harus di lihat keterkaitannya dalam arti luas. artinya penelitian tidak semata-mata hanya untuk hal yang diperlukan atau langsung dapat digunakan masyarakat pada saat itu saja, tetapi harus dilihat dengan proyeksi ke masa depan. Dengan kata lain penelitian di perguruan tinggi tidak hanya diarahkan untuk penelitian terapan saja, tetapi juga sekaligus melaksanakan penelitian ilmu-ilmu dasar yang manfaatnya baru terasa penting artinya jauh di masa yang akan datang.

3. Pengabdian Pada Masyarakat

Dharma pengabdian pada masyarakat harus diartikan dalam rangka penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah di kembangkan di perguruan tinggi, khususnya sebagai hasil dari berbagai penelitian. Pengabdian pada masyarakat merupakan serangkaian aktivitas dalam rangka kontribusi perguruan tinggi terhadap masyarakat yang bersifat konkrit dan langsung dirasakan manfaatnya dalam waktu yang relatif pendek. Aktivitas ini dapat dilakukan atas ini inisiatif individu atau kelompok anggota civitas akademika perguruan tinggi terhadap masyarakat maupun terhadap inisiatif perguruan tinggi yang bersangkutan yang bersifat non-profit (tidak mencari keuntungan). Dengan aktivitas ini diharapkan adana umpan balik dari masyarakat ke perguruan tinggi, yang selanjutnya dapat di gunakan sebagai bahan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi lebih lanjut.

Ketiga faktor ini erat hubungannya, sebab penelitian harus menjunjung tinggi kedua dharma yang lain. Penelitian diperlukan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi. Untuk dapat melakukan penelitian diperlukan adanya tenaga-tenaga ahli yang dihasilkan melalui proses pendidikan. Ilmu pengetahuan yang dikembangkan sebagai hasil pendidikan dan penelitian itu hendaknya di terapkan melalui pengabdian pada masyarakat sehingga masyarakat dapat memanfaatkan dan menikmati kemajuan-kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut.

diposkan oleh education di 22.07

Penulis : Fandy ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Tri Dharma Perguruan Tinggi ini dipublish oleh Fandy pada hari Senin, 18 Februari 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Tri Dharma Perguruan Tinggi
 

0 komentar:

Poskan Komentar